TARUH KODE WIDGET SHOUTOXMU DI SINI

Jumat, 04 Maret 2011

Kiai Wahab Berbagi Rokok dengan Santri

“Kerjasama” dalam merokok merupakan tradisi yang berkembang di kalangan santri Tambak Beras Jombang. Setiap ada santri yang merokok akan di kerubuti oleh temannya, dan mereka antri menghisap secara bergantian. Untuk meminta jatah merokok, santri cukup bilang kepada temannya “sak sedotan,kang” (satu sedotan, kang).
Pada suatu malam Kiai Wahab Hasbullah duduk-duduk santai melihat-lihat bangunan pesantren sambil merokok. Di tengah kegelapan malam, rokok kretek yang di hisap kiai itu hanya kelihatan baranya. Siapa yang merokok tak tampak wajahnya.
Tiba-tiba datang seorang santri menghampirinya. Tanpa ragu-ragu santri itu mendekat kepeda Kiai Wahab, dan bilang “sak sedotan, kang”.
Tanpa komentar Kiai wahab langsung memberikan rokoknya kepada si santri. Dengan tenangnya santri tersebut menerima rook dan kemudian menghisabnya dalam-dalam.
Bara api rokok itu menerangi wajah Kiai Wahab. Baru sadar santri itu bahwa yang sedang di meintai rokok itu adalah Kiainya sendiri. Saking gugupnya santri itu lari sambil membawa lari rokok Kiai Wahab. Kiai pun mengejar sambil berteriak, “hei, rokokku.,.,.,.rokokku.,.,.,.”.

0 komentar

Posting Komentar